Senin, 27 Agustus 2012

Cara Orang Tua Atasi Anak Remaja Yang Sedang Fall In Love

Remaja adalah masa-masa paling indah, romantis dan mulai merasakan jatuh cinta. Masa remaja pula, dimana banyak godaan dan kadang belum bisa diatasi oleh anak remaja Anda.

Sebagai orang tua tentu Anda perlu bijaksana bila anak remaja Anda mulai terlihat menyukai lawan jenisnya dan saling jatuh cinta. Berikut beberapa tips mengatasi anak remaja yang jatuh cinta.


Berbagai pengalaman masa remaja Anda
Ketika anak Anda naksir temannya, dia merasa itu adalah cinta sejatinya. Padahal, perjalanan hidup anak Anda masih panjang. Sebagai orang tua Anda perlu segera meluruskan situasi seperti ini. Cara terbaik adalah berteman  dengan anak Anda, kemudian bagi pengalaman masa remaja Anda agar dia memahami apa yang harus dia lakukan.

Berbicara serius
Remaja cenderung sangat mudah jatuh cinta. Mereka awalnya saling menggoda kemudian percaya bahwa persahabatan adalah ikatan seumur hidup. Tapi ketika itu tidak berjalan mulus, anak remaja mengalami stress. Pada saat itu, Anda harus berbicara lebih serius dengan anak Anda bahwa usia berapa seharusnya memiliki ikatan serius dengan lawan jenis.

Efek dari menggoda lawan jenis
Berikan pemahaman kepada anak Anda bahwa senyuman, atau sikap ramah seseorang jangan disalahartikan. Karena itu bisa saja itu tanda sopan santunnya, karena disaat remaja yang ada hanya teman, belum sampai ke tahap lebih jauh. Anak juga perlu diingatkan bahwa mereka harus lebih dewasa untuk menggoda lawan jenis.

Orangtua menyesuaikan diri dengan zaman
Selain memberi pemahaman, orang tua juga perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Satu sisi, orangtua jangan terlalu memaksakan kehendak kepada anak atau melarangnya. Satu sisi, beri pemahaman pada anak, awasi pergaulannya dengan teman-temannya. Jika semua berjalan baik, orang tua bisa saja mendukung anak berpacaran.

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar